Kunjungan Industri Mahasiswa Informatika

Semester genap tahun akademik 2017-2018 sudah berjalan, banyak pekerjaan yang menumpuk diawal semester ini. Program kerja yang pertama telah terlaksana yakni seminar proposal skipsi yang sudah berjalan pada gelombang kedua. Ada 57 judul proposal skripsi yang dinyatakan lolos dan dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Baru saja menghela nafas menyusul program kerja kunjungan industri mahasiswa semester delapan untuk memenuhi mata kuliah praktek kerja lapangan.

Sebait pepatah terucap banyak berjalan banyak dilihat langkah kanan untuk kebaikan, sangatlah perlu diaplikasikan untuk menata masa depan.  Begitu juga mahasiswa semester akhir ini yang perlu melihat dunia luar kampus terutama industri informatika.

Meskipun berdomisili di kabupaten yang jauh dari ibukota provinsi, harapan kita semua para ‘agen perubahan’ ini mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja terutama jurusan informatika. Maka, 13 Maret 2018 lalu ada dua perusahaan yang dikunjungi yakni PT. DAYA MEGA PRATAMA dan PT. LOGIKREASI UTAMA. Keduanya berada di Gedung Antara Lantai 3 Jalan Putri Hijau Medan Sumatera Utara.

Ada 97 mahasiswa dari program studi Teknik Informatika Univ. Al Washliyah Labuhanbatu yang ikut serta dalam kunjungan industri ini. Didampingi 5 dosen pamong dan utusan dari rektorat, disambut hangat oleh kedua perusahaan yang letaknya berdampingan. Satu persatu pihak perusahaan mempresentasikan ilmu pengetahuan dan berbagai produk jadi yang kekinian. Begitu juga dengan sharing knowledge membuat mahasiswa merasa waktu begitu cepat berlalu. Sehingga ada beberapa mahasiswa yang merasa tidak puas kembali mengikuti presentasi ulang. Dipenghujung acara ada beberapa pemateri yang memberikan doorprize kepada mahasiswa, beberapa mahasiswa mendapat cinderamata dari pihak sponsor. Dari fakultas tentunya telah menyiapkan vandel kenang-kenangan untuk perusahaan.

Rangkaian kegiatan ini sebenarnya ada tiga tahapan. Tahap pertama berupa pembekalan kepada mahasiswa. Materi yang disampaikan berupa wejangan keagamaan, teknologi kekinian, metodologi riset dan etiket. Lalu tahapan kedua melakukan kunjungan ke perusahaan untuk mendapatkan informasi teknologi kekinian serta pengaplikasian riset dan etiket. Terakhir tahap ketiga mahasiswa melakukan presentasi hasil kunjungan didepan dosen pamong serta mahasiswa lainnya.

Sehubungan kegiatan ini hanya ada sekali selama mengikuti perkuliahan, maka dirangkailah dengan liburan melepas penat ke daerah wisata. Menginap satu malam di Villa Mas Berastagi serta berbelanja di seputaran Pasar Buah menjadikan perjalanan menjadi menyenangkan. Yach.. meskipun pada waktu menuju pulang menuju Rantauprapat, Bus3 mengalami kerusakan sebelum memasuki Kota Pematang Siantar.

 

Ada cerita tak enak dibalik kerusakan bus ini, karena jadwal makan siang menjadi  makan sore serta rencana jalan-jalan di Kota Pematang Siantar tak dapat dilakukan. Meskipun akhirnya hanya bisa mengambil kenangan di Taman Bunga bersama Patung Becak BSA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s