Pilih-pilih VGA

DDR1,2,3 pada sebuah VGA adalah menandakan jenis dan kecepatan sebuah RAM pada VGA. Sebenarnya, dari melihat jenis RAM VGA tadi maka kita sebenarnya dapat melihat seberapa cepat VGA tersebut.

DDR2 – Kecepatanya bisanya antara 400 sampai 800 MHZ
DDR3 – Kecepatanya biasanya antara 1000 sampai 1800 MHZ
DDR4 – Kecepatannya biasanya antara 1800 sampai 2200 MHZ
DDR5 – Kecepatanya biasanya antara 3 GHz sampai 4 GHZ (hanya dipakai oleh VGA ATI RADEON HD4870)
Nah dari situ kita bisa melihat bahwa VGA yang menggunakan Jenis DDR yg lebih besar maka VGA itu akan semakin cepat. Sebenarnya, jenis GDDR adalah sama cuma jenis nya yang lebih baru.

Cara untuk melihat sebuah kecepatan VGA biasanya dilihat dari BANDWITCH yang dihasilkannya. Bandwitch adalah kecepatan sebuah VGA dalam mentransfer data dalam satu detik. Untuk membandingkan sebuah VGA kita harus melihat BIT pada VGA. BIT pada VGA bukanlah ketajaman warna seperti yang ada pada Properties nya windows. Namun BIT pada VGA adalah lebar jalur data yang dimiliki oleh sebuah VGA. Lalu liatlah MEMORY CLOCK VGA tersebut. Kedua hal ini jauh lebih penting daripada kita hanya memperhatikan besarnya RAM pada VGA yang biasanya ditulis dalam satuan Mb.

CONTOH :

Misalnya ada 3 buah VGA, kita angap aja VGA tersebut MEMORY CLOCK dan CORE CLOCK nya adalah sama besar. Namun yang membedakannya adalah BIT dan besaran RAMnya.

VGA A RAM 1GHz DDR3 64bit
VGA B RAM 512 Mb DDR3 128 bit
VGA C RAM 256 Mb DDR3 256bit
Maka dari ketiga VGA tersebut yang paling cepat adalah VGA C. Meskipun RAMnya paling kecil tapi dia didukung oleh BIT yang besar. VGA C lebih cepat 4X lipat dari VGA

A, dan VGA C lebih cepat 2X dari VGA B. Kenapa ? aku kasih tau!

Dari pertama aku dah bilang yang harus diperhatikan adalah BIT dan MEMORY CLOCK/SPEEDnya, dari sini kita menghitung besaran BANDWITCHnya. Rumusnya ( BIT dikali MEMORY CLOCK) hasilnya dibagi 8.

Jadi misalnya ketiga VGA tersebut sama-sama mempunya kecepatan MEMORY CLOCK 2000MHz maka menghitungnya adalah sebagai berikut:

VGA A = ( 64bit X 2000MHz ) / 8 = 16000 atau 16GB/second
VGA B = ( 128bit X 2000Mhz ) / 8 = 32000 atau 32GB/second
VGA C = ( 256bit X 2000MHz ) / 8 = 64000 atau 64GB/second
Nah kan sekarang tau kenapa VGA C jauh lebih cepat, jadi besarnya RAM VGA tidak terlalu berpengaruh meskipun dia pake 1GB.Kkarena memory RAM VGA yang besar hanyalah

berfungsi dan menandakan VGA tersebut telah suport untuk resolusi tinggi. Tapi kan monitor yang kita pake resolusinya gag gede-gede amat. Kalo monitornya segede TV LCD

baru kita pake yang RAM VGA nya yang gede.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s