Sistem Drainase Kurang Baik = Banjir

Sistem aliran air yang kurang baik sering kali membawa pengaruh negatif terhadap lingkungan sekitar kita. Salah satunya adalah menguapnya air dari saluran air tersebut dan menyebabkan banjir atau genangan air hingga ke muka jalan. Seperti di kota Jakarta, sering kali kita lihat, jika sedang terjadi hujan kecil maupun besar maka genangan air pun mulai menutupi badan jalan dan akibatnya pun dapat menghambat jalannya arus lalu lintas.

Dengan demikian macet pun tak dapat terhindari. Meluapnya saluran air yang ada mungkin salah satunya adalah karena kurangnya kesadaran kita untuk membuang sampah pada tempatnya, atau mungkin yang sangat berpengaruh adalah Sistem saluran air yang ada. Apakah sistem saluran air yang telah di buat sudah benar-benar dapat menanggulangi hal tersebut (banjir dan genangan air), atau mungkin hanya sekedar membuat saluran air tersebut tanpa ada perhitungan yang benar-benar dapat menanggulangi hal tersebut sehingga tidak akan terjadinya genangan air di pinggir jalan atau muka jalan bahkan dapat mengakibatkan banjir sekalipun.

Namun siapakah yang harus bertanggung jawab dan dapat disalahkan terhadap hal tersebut….? sebenarnya tidak ada yang perlu disalahkan karena sepengetahuan saya bahwa pemerintah pun setiap tahunnya telah mengadakan perbaikan jalan dan sistem saluran air. Tetapi yang tidak habis pikir kenapa hal seperti ini masih selalu saja terjadi. Semoga dengan adanya tulisan ini pemerintah sadar akan hal tersebut agar dapat menanggulanginya, sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang selalu terjadi setiap tahun bahkan setiap hari, yaitu banjir dan genangan air yang berada di muka jalan.

Covas dari http://www.kharianto.co.cc/2009/05/sistem-drainase-yang-kurang-baik.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s