Driver Epson T20, T10 pada Ubuntu 10.04 (lucyd lynx)

Caranya:

Masalahnya pada : gutenprint 5.2.5 lucid
Dan dengan men-down grade ke gutenprint 5.2.4 milik Karmic maka printer sudah bisa digunakan untuk mencetak langkah2 nya adalah sbb :

1. Buka Synaptic, System > Administration > Synaptic Package Manager


Klik Menu Setting > Repositories, hilangkan semua centang repositori yang mengarah ke Ubuntu Lucid. Lalu ke tab Other Software, tambahkan repo Karmic dg Klik Add, lalu isi dg :

 

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ karmic main

lalu klik Add Source. terakhir close.

2. Klik Icon Reload pada Synaptic untuk update repositori.

3. Klik Icon Search pada Synaptic, lalu isi dengan gutenprint

4. Klik pd cups-driver-gutenprint pilih mark for complete removal, lakukan hal yg sama pada libgutenprint2, kemudian klik Icon Apply untuk menguninstall.

5. Instalasi paket2 Karmic :

Klik pada cups-driver-gutenprint, pilih Mark for Installation, lakukan hal yg sama pada :

foomatic-db-gutenprint
gutenprint-locales
ijsgutenprint
libgutenprint2

jika semua file tsb sudah ditandai lalu klik Apply untuk install.

6. Administrasi printer.
Hapus semua daftar printer yang ada, lalu tambahkan printer baru dg klik Add, ikuti langkah2 nya dan pilih driver yang sesuai.

7. Kembalikan repositori Lucid seperti semula, dan hilangkan centang pada repo Karmic agar tetap update dengan Lucid, namun perlu diingat, jangan mengupdate paket2 yang telah diinstal tsb di atas, kecuali sudah ada release fix untuk masalah Epson di Ubuntu Lucid.

Khusus Untuk epson T20(kayaknya sih ga tau type epson stylus yang lain) bisa ngak usah downgrade seperti cara di atas bisa langsung pakai driver gutenprint lucid tapi waktu milih driver pilih drivernya epson stylus C66.

sumber: http://sa3o.net/epson-t20t10-di-ubuntu-10-04-lucid-lynx/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s