Menjadikan Rantauprapat Kota Wifi

Banyak tahapan dalam pengembangan teknologi saat ini, seperti pesatnya teknologi informasi pada jaringan seluler. Awal saya kuliah pada titik awal reformasi di Indonesia, internet adalah teknologi mahal. Untuk biaya akses di warnet Rp.6000/jam. Untuk akses lewat telkomnet instan Rp.9900/jam.
Tetapi semua saling berlomba-lomba untuk menyajikan yang terbaik. Operator GSM dan CDMA sudah menuju teknologi broadband yang super cepat dengan biaya masuk akal. Ada juga operator yang rela menanam kabel optik dari Banda Aceh hingga Surabaya. Semuanya untuk pelanggan. Bandwidth pun di obral, padahal kebutuhan untuk browsing dan social group sudah sangat tercukupi.
Dengan dasar bandwidth yang melimpah, dibeberapa kota pun muncul RTRW Net berbasis wifi. Rantauprapat – Labuhanbatu, Sumatera Utara adalah salah satunya. Dimulai dari ICT, Nusa Net, Media.Net hingga statioNet. Menyusul beberapa sekolah baik negeri juga swasta.
Dari pantauan penulis, kebanyakan sekolah menggunakan perangkat dengan power 65mW – 400mW. Tetapi ada juga yang menggunakan booster. Beberapa titik signal wifi ini ada yang free alias gratis. Anda cukup nyalakan laptop lalu mengkoneksikan ke SSID tersebut.
Sampai tulisan ini dipublish, dipusat kota sudah terdeteksi 14 signal wifi yang cukup kuat dan sekitar 9 signal wifi yang lemah. Cukup cepat perjalanan teknologi wifi ini berkembang di Rantauprapat.

2 thoughts on “Menjadikan Rantauprapat Kota Wifi

  1. saya juga orang padang matinggi pak hakim.hehehe..
    moga anak2 rantauprapat jauh lebih cerdas dari sebelumnya…

    gimana caranya supaya rantauprapat menjadi kota yg paham teknologi? masih menjadi rumusan masalah😀

  2. Kasih taulah bro, zona dan di jalan mana aja yang ada wifi gratis internet. Ok! Pulsa dana aku habis buat download dan main camfrog.aduhai! Södih kurasa. Aku anak rantauprapat juga.thq all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s