Internet dari CDMA apa GSM ya?

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita baca apa itu CDMA apa itu GSM.

Code division multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon selular terutama yang berkaitan dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan. CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.

Global System for Mobile Communication disingkat GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Halah, jadi bingung.. hehehe..

Oke, kita ambil contoh CDMA pake Flexi.

  • Harga modem kisaran Rp.400 rb
  • Tarif bulanan Rp.50 rb
  • Kecepatan akses 153 kbps

Sekarang kita ambil contoh GSM dari Flash Telkomsel

  • Harga modem kisatan Rp.450 rb
  • Tarif bulanan Rp.100 rb
  • Kecepatan akses 384 kbps (Kecepatan akses diturunkan hingga (maks) 64 kbps apabila penggunaan melewati  batas 500 Mb. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Gimana? biasanya ada harga ada rupa. Nah, kalo pengen coba-coba jangan yang murah. Rugi! Lebih baik beli yang mahal tapi puas..

Contohnya, langganan internet Stationet. Kalo ini silahkan simak di halaman ini.

Leave a comment