Solusi Internet di Pedalaman

Kali ini kita akan membahas tentang solusi internet di pedalaman dengan biaya bulanan yang murah. Yang saya maksud di pedalaman adalah area yang tidak terjangkau Kabel Telepon PT.Telkom atau sudah ada kabel tetapi tidak memenuhi syarat terkoneksi menggunakan SPEEDY. Juga tidak mendapat signal Flexi, GPRS, EDGE apalagi HSDPA.

Saudara yang tidak mendapatkan fasilitas ini bisa menyimak tulisan ini. Caranya dengan memanfaatkan koneksi nirkabel WIFI 802.11 b/g. Skemanya seperti ini :

ISP — Modem — Router — Access Point — Ant. Grid

. . . (jarak 0 km s/d 25 km) . . . Ant. Grid — AP Client — PC

Keterangan :

  • ISP (Internet Service Provider) saat ini sangat beragam, tapi saat ini Speedy dari Telkom Indonesia masih merajai dibeberapa kota.
  • Suplay internet dari ISP disalurkan lewat modem, jika kita menggunakan Speedy maka modem nya berjenis A-DSL.  Hingga tulisan ini ditulis telah hadir Paket Speedy Multi Speed kecepatan download hingga 3 Mbps.
  • Selanjutnya, bandwidth yang sudah masuk ke modem disalurkan ke router, disini saya lebih menyarankan menggunakan Router Mikrotik.
  • Router akan membuat semacam jalur yang telah di atur sedemikian hingga bandwidth tersalurkan sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.
  • Mengingat pengguna internet sangat jauh, kita misalkan modem berada di kota Rantauprapat, sementara pengguna internet berada di Kota Merbau, jarak udara versi Google Earth adalah 18 km, dibutuhkan Radio Access (AP) point yang dipadu dengan Antenna grid yang bekerja di gelombang 2,4xx Ghz.
  • Radio AP yang kita butuhkan seperti Ubnt bulletM2-HP dengan power hingga 600mW yang dipadu dengan Grid kenbotong diarahkan ke kota Merbau.
  • Syarat signal terbaik adalah Clear Line of Sight (CLOS) atau tidak ada penghalang. Maka perangkat Radio AP dan Grid diletakkan di tower setinggi 30 meter.
  • Sementara, disisi pengguna juga menggunakan perangkat yang sama dan diletakkan di ketinggian 30 meter. Masalah ketinggian tower ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kualitas signal. Penghalang seperti kebun Sawit, Rambong, pohon kelapa yang tingginya mencapai 18 meter memperburuk signal yang di kirimkan.
  • Selain itu lengkung bumi yang bulat ini jelas membuat sesuatu yang jauh menjadi tidak terlihat.

Nah, timbul ke khawatiran bisakah kecepatan akses akan turun? Jawabnya bisa ya bisa tidak. Bila Radio AP tidak mampu menembus jarak maka signal tidak akan sampai dan tentunya tidak bisa akses. Kualitas signal yang diharapkan adalah mencapai 50 % dengan troughput diatas 18 Mbps. Sehingga koneksi tidak putus dan bandwidth tidak terbuang sia-sia.

Baca juga :

  1. Solusi-akses-internet-di-pelosok
  2. https://gokimhock.wordpress.com/2009/11/25/membuat-kabel-usb-modifikasi/
  3. https://gokimhock.wordpress.com/2011/10/29/uji-coba-repeater-wifi-dengan-wa5110g/
  4. Perbandingan Rb750, Rb750GL dan Rb450G

44 thoughts on “Solusi Internet di Pedalaman

  1. mas , gmn prosedure nya untuk nyambung koneksi ke speedy, tmp saya blum terjangkau dengan speedy cable, alat2 yg sudah yg miliki, 1. tower, 2. Mikrotik + Grid, 3. 2 bh AP NAno station untuk share ke warnet, selama ini saya pakai ISP lokal yg tiap hari sering ganguan, dan sering LAG untuk warnet ku , please dibales ke email ku ya boss.. tanks ..!! >>

    sudah di kirim ke email

    • selamat malam telkom, saya dari Nusa Tenggara Timur, yang saya mau tanyakan bagaimana saya bisa membuka warnet di lokasi Pedesaan yang belum terjangkau Kebel Telkom.
      dan kalo boleh saya tau, apakah telkom punya ide atau sesuatu yang bisa membatu saya untuk bisa membuka usaha warnet di desa sumlili, kecamatan kupang barat, kabupaten kupang provinsi nusa tenggara timur.

      Maaf, saya bukan orang Telkom, tapi saudara dapat berkoordinasi dengan pihak Telkom. Untuk kebutuhan tersebut, dapat langsung menghubungi Telkom terdekat

  2. sekolah saya di balik bukit, gak ada ISP langsung, harus pakai BTS bantuan di bukit lain. apakah bisa tidak lewat bukit lain, artinya dari balik bukit ke balik bukit, adakah maksudnya antena yang bisa ngirim gelombang yang melengkung… (beli bukit/sewa bukit mahalll).makasih

    Pada umumnya signal wireless untuk jarak jauh haruslah tidak ada penghalang.

  3. rumah saya tidak ad kabel telkom tp gprs,hsdpa suda ad,gmn cara membuat jaringan internet…???karena saya mau buat warnet..???

    kalo warnet bisa pakai jaringan saya.. Hmmm, pak idham kholid domisili dimana? Kalau diluar area saya mungkin bisa pakai akses satelit.

    • untuk domisili Cipanas Cianjur Jawabarat ada gak gan ???
      ana sama kendala nya gitu pgen buka warnet tapi speedy belum masuk ada jarak terdekat speedy 2-3 km,,,,signal flexi ada ,ini juga pake flexi ,,,kalo mau buat warnet ISP apa yah????

      Untuk area di luar Labuhanbatu – Sumatera Utara, kami belum melayani.

  4. pak,daerah sy kr2 40km dr kota terdekat.speedy blm msk,jd sarana yg ad pk telkomselflash.tp lemotnya minta ampun..bk facebook aj lambanya bgt,ap lg mo bnet.ad saran pak?

    Pakai wireless 5 Ghz. Bangun tower di dua tempat untuk perangkat wireless tersebut. Kondisi antena di tower A dan B harus tinggi tanpa penghalang.

  5. permisi pak…
    saya mau membangun warnet di daerah ujung padang silangkita labusel…
    apakah anda bisa memasangkan jaringan wireless nya???
    dan berapa rincian biaya yang harus saya keluarkan???
    dan ISP apa yang anda pergunakan??
    harap d balas ke email saya “sd***@ymail.com”

    sudah balas via email

  6. pak boss boleh tawu ngga cara membuat jaringan internet di pedalaman kaya kalimantan, sulawesi, NTT, dan papua khususnya daerah timur indonesia yg blm tersentuh/blm masuk kabel telkom (listrik ada, tower ada, modem ada , router ada,) cara akses internetx gimna ya pak ??? dengan satelit ato gimna pak ??

    Paling mudah pakai satelit saja.. tapi biaya bulanan mahal sekali. Kalau jarak dari lokasi jaringan speedy < 30 km, saya bisa bantu untuk pemasangan. Silahkan kontak 082369888200.

  7. kalo di Tanjunbg Medan Kec. Kampung Rakyat Labusel bisa pa gak bg????
    aq mo bka warnet tpi spedy blm ad,,,
    kr2 gmn jln kluarnya bg,,,,
    ud gt biaya nya kna brpa bg????

    Untuk Tj. Medan bisa, link Speedynya dari Kota Pinang. Caranya, sewa tower di Telkom Kota Pinang, selanjutnya di Tj Medan dibangun tower triangle. Untuk ketinggian towernya harus survey dulu. Sementara perangkat link-nya bisa langsung hubungi saya untuk estimasi biaya.

  8. Selamat sore pak,,
    saya berniat buka bisnis warnet d daerah ujung padang, silangkitang, labusel, tapi d daerah saya belum ada kabel telepon pak.
    mungkin solusinya bisa pakai tower untuk menangkap jaringannya.
    boleh saya minta no Hp bapak untuk lebih jelas kita membicarakan hal ini.
    no Hp bapak bisa d kirim k email saya.
    Terima kasih.
    sudah sy email

  9. apa yang harus saya lakukan pak, saya ingin internetan dirumah, melalui laptop, akan tetapi kabel telpon belum pasang, speedy dari telkom jangkauan belum masuk, dan saya belum begitu paham akan provider2 dan segala bentuk macam hal hal yang bapak sebutkan diatas…mohon bantuannya, dan langkah langkah yang harus saya lakukan. terimakasih banyak

    (saya lampirkan email saya)

  10. ASS. Bg ni agung, mau sher tentang tower WIFI. kapan da waktu agar saya datangi Abang. Soalnya Kami dari sekolah mau buat jaringan internet. Bs D kirim no HPnya? trims

  11. pak sy pengguna laptop tp di tempat sy di papua susah mendapatkan jaringan internet . tp jaringan telkomsel ada sm indosat tp internet lemot sekali . sy harus pakai modem dan internet apa yg jaringan cepat ?

    Wilayah papua bisa pakai VSAT.

  12. ass. saya mohon bantuan secara detail dari bapak, saya ingin membuka cabang warnet di daerah banten selatan akan tetapi untuk titik speedy dari telkom jangkauan belum masuk, sebenarnya jaraknya hanya 2 km dari tempat yang saya buka sekarang, alat apa saja yang harus saya beli dan klo harus menggunanakan antena omni dan grid harus setinggi apa? setelah saya survey penghalang tidak begitu banyak hanya ada 1-2 pohon kelapa saja,, dan berapa rincian biayanya?

    Bisa menggunakan AirGrid 5 Ghz Ubiquity. Bangun juga tower triangle 15m masing-masing lokasi. Untuk biaya total +- Rp.10 jt.

  13. pak saya ada rencana mau bikin ISP jarak TELKOM dari tempat saya 82 KM, daerah saya pegunungan, kata nya harus bangun 4 tower. bisa gak Bpak kasih masukan buat saya.balas ke email ya.tks

    Sebaiknya disurvey pakai GPS dulu, sehingga bisa dihindari pembangunan tower hingga 4 titik. Kalau boleh tau dimana lokasinya (Sumber dan Tujuan)

  14. pak.. saya mau buka warnet di daerah kabupaten batubara. tpi jaringan speddy gak sampai ksna. klo mau pesan tower biayanya brp pak???

    Tower triangle besi SNI 14 dengan tinggi 5 meter/stack. Kawat menggunakan kawat licin 2 mm dengan spanner m12. Perangkat jaringan wirelessnya menggunakan Mikrotik atau Ubiquity.

  15. Malam mas!!! Artikel yang sangat menarik. Gini, saya tinggal di Kab. Mamasa Prov Sulawesi Barat. Di tempat saya gak ada Jaringan speedy, hsdpa, cdma evdo (flexi/smart). Cara gi mana untuk mendapatkan signal dari jaringan tersebut? keterangan/jarak terdekat sebagai berikut
    speedy 90 km
    cdma evdo 250 km
    hsdpa gak usah, soalnya paket internet dari operator gsm mahal buanget!!!

    Satu lagi mas, ada gak provider internet via satelit yang memiliki paket dengan biaya bulanan di bawah 1 juta rupiah (seperti Skybee yang sayangnya udah gulung tikar)??? Makasih sebelumnya mas, maaf kepanjangan!!!

    Untuk Inet satelit masih jutaan, soalnya bawa satelit ke orbit masih trilyunan. Coba gandeng pihak kecamatan atau pemerintah setempat untuk pengadaan internet.

  16. rincian harga buat alat2 yg di butuhkan kira2 brapa?
    saaya dr kabupaten garut yang lokasinya jauh dr mna2 dan belum ada akses internet soalnya gada hhaahaha
    ini juga internetan pake handphone itupun pake sinyal telkomsel tp suka kadang2 g ada juga sinyalnya soalnyya jaringann yang lainn g ada hahaha maklumm daerahh tterisoliir
    mohhon banntuaannya.

    Rinciannya (2012):

    • Tower triangle 5 stack + pasang = + 10 juta
    • Wireless Link = + 6 juta
    • Sewa space di tower rekanan = 5 juta/Thn
    • Bulanan ke ISP = 500 ribu/Bulan

  17. mas,saya mau tanya,saya mau psang speedy sudah ada kabel telepon,saya di aek nabara,tapi kabel telepon nya di curi,apa bisa di pasang kembali mas ?

    Lapor ke Telkom/147 ya..

  18. total seluruh biaya pemasangan sampai conek kekomputer berapa bozz saya mau buka warnet jarak dari tempat saya 20 kilo mampu nampung berapa PC komputer????

    Rincian:
    Tower triangle dan perangkat wireless link : 28jt
    Sewa space di tower rekanan dan maintenance : 9jt/ tahun
    Manajemen bandwidth dan LAN : 7 jt/tahun
    Perawatan pc : 50rb/pc/bln
    Catatan; Perangkat sanggup melewatkan data hingga 54 Mbps.

  19. met Sore…Saya Operator SMP Satap werdi, Tempat sekolah saya belum tersentuh oleh internet. padahal sekarang sekolah di wajibkan punya akses internet. jarak Sekolah saya dari kabel telkom (akses Speedy ) 10 Km. Gmn Pak caranya supaya sekolah kami punya akses internet. mohon penjelasannya terima kasih.

    Terima kasih sudah berkunjung, untuk dapat mengakses internet dibutuhkan infrastruktur seperti link wireless dan tower. tower bisa menyewa atau buat sendiri. Estimasi biaya (maret 2013) sekitar Rp.25 jt. Info selengkapnya hubungi 082369888200 atau WhatsApp 087892232553

    • sori mas, sya dari paluta, sharenya cukup enak dibaca dri awal smpai akhir episode…, tpi dri price list perangkat semua harganya bervariasi dan dan tidak membantu yg lemah nan belum mengerti alias ga tau mslah jaringan internet. saran berikan harga seminim mungkinlah katua..!! jgn kasih harga 9jt, 6jt, 28jt, 10 jt dll. sedikt bocoran tower triangle 6 stack = Rp. 3jt bukan 10 jt. Thank’s.

      Trims sudah berkunjung, untuk harga silahkan dibuat perbandingan dengan “Toko Sebelah”. Untuk tower ini informasi dari tukang tower langsung. Saya tidak menjual tower. Pengalaman di lapangan memang harga tower itu bisa murah jika beli banyak tapi kalo cuma 6 stack @5 meter, terima sudah berdiri Rp.10jt (Besi SNI). Klo yg Rp.3 jt itu bolehlah di kontak saya, tertarik nih..

  20. pak saya mau tanya.. rumah saya berlokasi di desa PNKA/sidodi , kel pulo padang , kab labuhan batu, saya pengen dapat akses internet yg cepat dan stabil untuk internetan dari laptop,.di tempat saya hanya dpt sinyal GPRS/EDGE telkomsel, kira” bagaimana solusinya ? apa yg harus saya gunakan dan modem apa ?
    trims..

  21. kami dpt bantuan MPLIK tp panduannya ga’ ada,jd mau tanya setting modem H77000 configure boot paremetes gimana?

  22. saya rencana mau buka warnet di lokasi yg lumayan jauh dari kota kira2 56km lah di sana ga ada jaringan/ kabel telpon jadi solusianya gmn tu boss balas ya ditunggu…..

  23. assalamualakum
    Pak saya telah baca semua testimoni diatas saya juga ada niat buka warnet di daerah saya , tapi yaitu masalah nya gak ada sambungan telp
    daerah pedesaan tapi jmlah penduduk nya lumayan
    tepat nya di PUJUD Riau
    mohon solusi agar saya bisa bangun usaha warnet di daerah tersebut
    rincian harga dan biaya setelah selesai kira kira berapa
    trims balas ke email saya pak

    Silahkan hubungi saya di 0823 69 888200

  24. thank’s infox….
    gimana cara buka warnet di pedesaan?
    daerah saya belum ada jaringan telkom jarak dari tower telkom 7 km. ada solusinya ngak???
    Thank’s atas infox…
    email: harismtg@yahoo.co.id

    mohon info lokasinya, supaya bisa dihitung taksasinya. hub: 0823 69 888200

  25. Aalammulaikum
    pak saya punya warnet 17 pc kira2 bagimana agar speedy bisa coneck d net saya maslah nya blum ada kabel telkom di area saya..jarak net ke tempat yang ada kabel speedy kira2 1km/2km alat yang ada tower 3 stick di atas rumah tingkat 1,roter, saya dengar pakai wajanbolic rakitan, atauTP-LINK TL WA5210G bisa pak? apakah harus pakai antena grid tapi saya tidak mengerti setingan nya dan cara2 nya?

    Secara teknis data harus dilewatkan di udara menggunakan wireless 2.4 GHz atau 5 GHz. Untuk itu perlu ada pemancar (Access point=AP) dan penerima (Station). AP harus diletakkan di atas tower atau atap rumah ketinggian 15 meter atau lebih dan sudah ada jalur Internet (Telkomspeedy). AP bisa menggunakan radio TP-Link WA5210 atau NanoStation2. Begitu juga Station, diletakkan di ketinggian kalau bisa kelihatan AP-nya (diteropong). Arahkan AP ke Station begitu juga sebaliknya. WA5210 atau Nanostation2 bisa terkoneksi bagus hingga jarak 2 km, asal tidak ada penghalang. Didalamnya sudah ada antenna Sectoral, jd gak perlu antena grid atau wajanbolik lagi.

  26. pak saya mau tanya klo misalnya di daerah saya g’ada jaringan telkom kira”bisa klo langsung pakek prangkat yang langsung satelit…????????

  27. saya punya warnet di desa jarak 30 m dari ktr telkom karna keadaan tanah bergelombang dipasang taouer 6 stikpun blm bisa conek.tolong bgmana solusinya bpk karna di sekitar desa jarak 20 km bukit barisan.

  28. kalo buat tower kira2 berapa meter ya??? dan bajet’a lumayan gk tuh??

    berapa meter itu tergantung kebutuhan di lapangan, kalau ada bukit atau pohon tinggi tentu towernya semakin tinggi.. semakin tinggi semakin besar biayanya. harga perstack @ 4 meter kisaran Rp.2 juta. Tergantung pemilihan besi dan model konstruksi.

  29. beberapa waktu lalu saya tanya soal jaringan k telkom, knp ga diberi saran demikian ya pak?? padahal jarak rumah saya dengan pal telpon terakhir cm skitar 500m

    Coba hubungi Telkom terdekat.. atau teknisi lapangannya

  30. selamat malam telkom, saya dari ds sumberkulon .jatitujuh,majalengka.jabar. yang saya
    mau tanyakan bagaimana saya
    bisa membuka warnet di lokasi
    Pedesaan yang belum terjangkau
    Kebel Telkom. dan kalo boleh saya tau, apakah
    telkom punya ide atau sesuatu
    yang bisa membatu saya untuk
    bisa membuka usaha warnet di
    desa sumber kulon,kec jatitujuh,kab majalengka ,prop jawa barat.

    Pegawai Telkom dimana berada bisa membantu keluhan diatas. Kalo saya kan bukan pegawai Telkom..

Comments are closed.