Kampungbaru Cyber RTRW Net

Pada tanggal 30 Januari 2010, saya memberanikan menemui Pak Aritonang yang bertempat tinggal di Perumnas Kampung Baru Kompleks PGP Rantauprapat. Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan sbb:

  1. Mengoperasikan kembali RTRW Net “Kampungbaru Cyber”.
  2. Bandwidth di support dari stationet
  3. Operasional teknis dan manajemen diserahkan sepenuhnya kepada saya sebagai pemilik stationet.
  4. Tentunya ada bagi hasil untuk pemilik  “Kampungbaru Cyber” setiap bulan.

“Kampungbaroe Cyber” sebelumnya sudah memiliki perangkat seperti :

  • Antenna Omni IPCom 15 dB
  • Radio EnGenius EOC 2610
  • Tower 3 stack @6 meter, total 18 meter.
  • Akses internet speedy 1 Mbps paket Office

Mungkin karena masalah teknis, akhirnya speedy di cabut. Karakteristik antenna omni yang menyebar 360′ tentunya sangat cocok untuk RTRWNet. Tetapi tidak dapat menembus dinding perumahan yang padat seperti kompleks PGP.

Untuk menangani masalah tersebut saya akhirnya memesan Antenna sectoral waveguide 19 dBi 180′ ke Jogjabolic. Cukup mahal juga harganya mengingat dari segi bentuk dan penampilan yang tidak meyakinkan. Walaupun begitu antenna biru ini datang juga dikirim melalui NCS.

Dengan peralatan seadanya dan pengalaman sekutil, saya membawa empat pasukan. dua diantaranya siswa SMK Nusantara Aek Nabara yang sedang peka-el, sementara dua lagi mahasiswa amik stiekom. Sabtu 13/2/2010 tower pun dipanjat. Skenario pertama, antenna grid Kenbotong 24 dB dipanggul naik beserta BL-R30G yang sudah dimasukkan dalam box outdoor. Kabel UTP, pigtail sudah dirakit, tinggal pasang. Sementara antenna Omni di turunkan. Ternyata sudah ada Altelicon sebagai penangkal petir. Dibantu si Karim, maka omni dan EOC2610 dilepas, lalu grid menggantikan omni.

Fuhh… diketinggian 18 meter rasanya sudah seperti di atas pesawat, ayam sudah sebesar anak burung pipit. Dengan semangat yang membara, akhirnya grid dan box berisi BL-R30G terpasang manis di tempatnya. Selanjutnya pointing ke AP stationet_noc2 di Padang  Matinggi. Pasukan yang siap sedia di bawahpun diberikan instruksi untuk menyalakan power. Tapi… ah tidaaaaaaaaaaakk.. “Listrik padam, Pak” teriak Ardi dari bawah.

Selanjutnya turun dulu deh.. istirahat setengah jam.

Sectoral Waveguide 19 dB 180′ naik

Setelah turun minum, kini saatnya menaikkan antenna sectoral waveguide 19 dB 180′. Ini antenna dipanggul sama Karim. Saya naik duluan sambil merapikan kabel dan memperbaiki posisi grid di puncak tower. Pengalaman pointing yang minim, tanpa GPS dan cuaca sedikit berkabut. Halah.. yang kelihatan cuma hijau daun dan tower-tower GSM.

Setelah memposisikan antenna grid saya pun bantuin Karim memasang sectoral di ketinggian 12 meter. Mantap! tinggal menunggu listrik menyala. Kami pun turun. Tunggu sambil bercanda-canda listrik tak kunjung menyala, kami pun pulang. Waktunya makan siang.

2 thoughts on “Kampungbaru Cyber RTRW Net

  1. Dengan bandwidth 1 mbps, bisa disharing ke berapa komputer maksimalnya Pak? (Paling tidak browsing bisa lancar butuh bandwidth berapa kbps?)

    Share ..
    – Browsing dan chatting : 8 – 10 unit
    Tapi jika ingin muter video streamin (ex: Youtube) 1 Mbps habis untuk 1 video saja, yg lain terkapar kekurangan Bandwidth. Butuh alat untuk membagi supaya masing2 user dapat b/w rata. Alatnya RB450 dan PC Proxy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s