Ponsel GSM-CDMA on + Layar sentuh

Dua Jaringan Beragam FiturMenenteng dua ponsel GSM-CDMA bisa digantikan dengan ponsel dual mode yang bisa on berbarengan. Fitur yang menyertai termasuk cukup baik.

Maraknya ponsel dengan merek lokal tidak lepas dari kecerdikan vendor mencari peluang di niche market. Salah satunya adalah menyediakan satu ponsel yang bisa digunakan untuk jaringan GSM sekaligus CDMA. Contohnya PT Smile Telecom Technology vendor merek Swaahoo yang merilis seri S93. Seri ini memungkinkan pengguna tetap on di jaringan GSM dan CDMA tanpa perlu menenteng dua ponsel.

Di samping kepraktisan, S93 tampil dengan desain oke seperti keluaran vendor terkenal. Sentuhan desain ini dipadu dengan kemampuan multi akses, tidak hanya keypad tapi juga layar sentuh. Fitur yang membekali juga beragam misalnya layar 260 ribu warna, kamera digital 1,3 Mpix, bluetooth, dan dukungan suara stereo. Berikut desain dan fitur lain yang diuji :

DESAIN
Tampilan depan S93 didesain menarik. Strip silver yang mengelilingi cover berwarna hitam memberi kesan elegan. Perpaduan warna kontras ini juga hadir di cover belakang dengan warna silver yang mendominasi. Hanya saja, karena menggabungkan dua kemampuan CDMA dan GSM, ponsel ini terasa sedikit tebal di tangan namun tetap ergonomis.
Pengujian : digunakan untuk mengakses berbagai menu
Nilai : 2,7
Catatan : bahan material untuk cover dan keypad masih kurang nyaman.

LAYAR
Ini dia kelebihan ponsel ini. Layar yang dihadirkan relatif lebar yakni 55 x 39 mm mampu memuat 12 menu ikonik. Selain sebagai antar muka antara ponsel dan pengguna, layar ini juga berfungsi sebagai layar sentuh. Kita bisa menggunakan stylus atau jari tangan untuk mengeksplorasi menu di ponsel ini. Lebih nyaman lagi saat menulis dokumen atau menulis SMS karena tulisan tangan dengan stylus memungkinkan digunakan.
Pengujian : eksplorasi menu di dalam dan di luar ruangan
Nilai : 2,8
Catatan : akan lebih istimewa lagi bila mengadopsi layar 16 juta warna.

AUDIO
Dukungan hi-fi sourronded stereo sound membuat musik di ponsel ini terdengar membahana. Untuk mendapatkan suara yang lebih nyaman, gunakan headset yang ada di dalam paket penjualan. Karena biasanya menyita kapasitas memori, ada baiknya manajemen memori internal dan eksternal bisa dijalani.
Pengujian: mengetes suara dari satu file lagu yang dipancarkan speaker ataupu headset
Nilai: 3
Catatan: tidak ada tombol langsung ke audio

KAMERA
Fungsi kamera S93 bisa digunakan untuk memotret dan rekam video. Untuk memotret, karena punya keterbatasan tak ada flash, usahakan memotret obyek yang cukup cahaya. Sementara untuk rekam video, ada beberapa fasilitas yang dipunyai seperti penggunaan mode malam dan resolusi yang bisa diset dari normal hingga rendah. Waktu perekaman bisa tak terbatas bergantung dari memori yang tersedia
Pengujian : digunakan untuk memotret di dalam dan di luar ruangan serta merekam video di luar ruangan
Nilai : 3
Catatan : ada fasilitas zoom saat merekam video

MESSAGING
Untuk pesan, S93 mengandalkan SMS. Tidak hanya SMS biasa, karena SMS-nya bisa sampai 1224 karakter. Hanya karena dua mode GSM dan CDMA sama-sama aktif, kita bisa memilih kira-kira SMS akan dikirim lewat jaringan yang mana. Masalahnya, hanya ada satu lambang SMS di layar kalau ada inbox dan tidak ketahuan masuk ke inbox GSM atau CDMA
Pengujian : berkirim SMS lewat tulisan tangan dan menggunakan keypad
Nilai : 3,2
Catatan : semestinya ada tombol shortcut yang letaknya ada di papan keypad

KONEKTIVITAS
S93 mengandalkan bluetooth untuk mengirim data ke ponsel atau komputer. Kinerja bluetooth S93 termasuk baik, terutama saat digunakan untuk mengirim gambar ataupun menerima kiriman file multimedia dari komputer.
Pengujian : saling transfer file dari dan ke Swaahoo S93
Nilai : 3
Catatan : Karena dual card bisa aktif, sebaiknya berbagai metode koneksi nirkabel bisa hadir misalnya infra red.

SKOR AKHIR : 3

Kinerja Baterai
Data Vendor
Di buku manual disebutkan, S93 menggunakan baterai Li-Ion 1200 mAh. Baterai ini menurut klaim vendor bisa bertahan hingga 200 menit waktu bicara atau waktu siaga sampai 150 jam

Hasil Pengujian
Digunakan pada kondisi standby, ponsel ini mampu bertahan 3,5 hari. Tak perlu khawatir bila sewaktu-waktu tidak bisa mengisi ulang karena Swaahoo menyertakan baterai cadangan.

Pengujian Suara
Musik101.3 db
Ringtone97.2 db
Human Voice92.1 db

One thought on “Ponsel GSM-CDMA on + Layar sentuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s