Linuxmu Linuxku Juga

Hampir semua Warung Internet yang ada di Sumatera Utara memakai Microsoft Windows XP/2000 sebagai sistem operasi andalan. Entah itu sudah register atau bajakan memang diakui bahwa Windows sudah memasyarakat di Indonesia ini.

Saat saya ngekost di Jogja dulu, beberapa teman membuat jaket dibelakang bergambar pinguin dengan memakai sarung tinju. Geli saya melihatnya. Tetapi saya baru paham saat di Wamika, adik Daniel memasang Redhat dan Windows di PCnya. Tak lama kemudian beberapa teman menggunakan Slackware, mandrake, juga fedora.

Tunggangan saya juga gak mau diam. dibawah lampu depan saya pasangin sticker REDHAT. Semua itu tak lepas gara-gara belajar vi dan jaringan. Saya ketemu dengan Mr. BPDP. wah, sampai rumahnya di utara saya kejar. Gak lupa bawa jeruk dan roti bakar Bandung. Hingga saat itu, di otak saya belum mampir Linux, masih sebatas aplikasi.

Sepulang dari Jogja beberapa koleksi CD saya inventaris kembali. Ternyata beberapa distro ada dalam kumpulan CD tersebut. Saya install Linux Mandrake 2005. Hmm.. apache dan mysqlnya jalan. Langsung deh beberapa script php dan java saya jalankan, yesss…. berhasil. Ah, gampang juga ternyata memakai linux. Lalu saya aktifkan samba untuk share dengan PC Windows satu lagi. Hanna masyalah😉

Mulailah saya demam. Pesan singkat saya kirim ke Mas Fat, jawabnya “Asal gak minum pil windows Insya Allah sembuh”. Itulah… walaupun telkomnet instan masih jadi andalan, tetapi beberapa panduan (*.pdf) sudah saya pindahkan ke kertas. Anak teknik di Stiekom saya libatkan dalam mempelajari beberapa distro terkenal. Tiba saat saya mendapati InfoLinux masuk ke Rantauprapat. Isinya distro favorit bagi nubie.

Pelan dan pasti saya terus memakai Linux terutama Mandriva di beberapa komputer saya. Cuma ada beberapa orang yang ngaku Linuxer bahkan sudah buat komunitas segala, tapi sombong dan culas. Taunya cari keuntungan saja. Pelit ilmu dan sok tau. Linux jelas untuk siapa saja dan terdapat persaudaraan yang erat di dalamnya, sikap orang-“orang busuk” itu membuat Linux agak tercemar. Kesimpulannya, linux bukan untuk orang ekslusif. Linux untuk siapa saja, miskin kaya bodoh pintar pelajar pengamen pedagang punk dll. Asal mereka pakai komputer, pastikan linux ada di dalamnya.

Memasyarakatkan Linux sebenarnya cukup mudah.

  • Sosialisasi kepada pemakai komputer yang biasa memakai Windows bahwa ada rival dari Windows tersebut.
  • Memberikan pelatihan gratis buat guru komputer di SMK, SMU atau MAN
  • Membuat kursus berbasis linux, toh kalo cuma Paket Office kan ada OpenOffice.
  • Menjadikan Warung Internet dan rental komputer sebagai sarana pengembangan pemakaian Linux.

Semua itu jelas tidak bisa dilakukan lewat Seminar dengan piagam cantik. Tapi langkah door to door. Kalo biaya gimana? Loh, pendapatan sebulan itu buat apa saja? Udah di zakatkan? Infaq? Sadakah?

Membuat tutorial juga sedekah koq.. Filenya di upload siap cetak kalo perlu bisa di edit, hak ciptanya untuk siapa saja yang mau. Linuxmu dan Linuxku sama kan? Ada terminalnya. Hehehehehe..

3 thoughts on “Linuxmu Linuxku Juga

  1. Wah, namaku disebut-sebut…:mrgreen:
    Btw, pesan singkat? Koq daku lupa ya… Hm…
    Nomormu berapa Qim? Via Ukhti Raya aja ya…, atau kalau ga tau nomor bliau, ya coba via proxy laen deh (asal si proxy tau nomormu sekaligus tau nomor U. Raya, beres khan).
    Jangan via sini ato email sekalipun; email (yg free apalagi) ga terenkripsi, ketangkep ma mbah (Google) bisa repot… Ok?😀
    E, satu lagi; ttg “hak cipta” di bagian akhir. IMHO, jangan “untuk siapa aja”; hak cipta ya pada pembuatnya, gitu aja. Perlindungan hak cipta gak relevan ma soal bayar membayar koq. Klo kita mau gratisin sesuatu, gak masalah, seperti juga kalo kita mo jual sesuatu itu…😉

  2. Was, pesan singkatnya udah lama banget, kejadian kira-kira 2006. Nomor saya ada di about me koq… Maaf kalo gonta-ganti nomor😉

Leave a Reply

