Software Bajakan

Jakarta – Penggrebekan terhadap software bajakan kembali terjadi di Jakarta. Kali ini sasarannya adalah sebuah pertokoan di kawasan Blok M. Hasilnya, seorang tersangka berinisial TW ditahan di pihak berwajib.

Hal itu dibenarkan oleh Donny A. Sheyoputra, perwakilan Business Software Alliance (BSA) di Indonesia saat berbincang dengan detikINET di Jakarta, Rabu (27/2/2008). Penggerebekan oleh aparat terjadi Senin (25/2/2008) malam.

Donny mengatakan Di toko TW, yang berada di Lantai 3 Blok M Plaza ditemukan 446 software bajakan. Donny mengatakan, piranti lunak yang disita terdiri dari Microsoft Windows (208), AutoCAD (39), Microsoft Office (102), serta antivirus Norton dan merek lainnya (97).

“Dalam hal ini BSA ditunjuk sebagai saksi ahli untuk mengecek kebenaran kasus tersebut. Saat ini kasus itu masih ada di Polisi dan akan dilimpahkan ke kejaksaan,” tuturnya.

Menurut Donny kasus tersebut akan dikenai Pasal 72 ayat 2 tentang Hak Cipta. Pasal itu memberikan ancaman denda Rp 500 juta dan/atau kurungan 5 tahun.

Ini merupakan kasus keempat BSA dimintai campur tangan sebagai saksi ahli. Kasus lainnya, seperti dituturkan Donny, adalah sebagai berikut:
Tersangka R, dengan barang bukti 779 keping software bajakan, toko berlokasi di Jakarta Pusat.
Tersangka BL, dengan barang bukti 1776 keping, toko berlokasi di Depok.
Tersangka HW, dengan barang bukti 660 keping, toko berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Tangerang – Polsek Serpong hanya menyita masing-masing 2 unit CPU komputer dari kesebelas perusahaan yang dijerat karena menggunakan software bajakan. Mereka mengaku tak mau saklek.

Pjs Kepala Unit Reskrim Polsek Serpong, Ajun Inspektur Polisi I Soekamto mengatakan, hanya menyita 2 unit CPU dari setiap tersangka karena masih memikirkan kelangsungan operasional perusahaan tersebut. “Kalau kita saklek (tegas-red), aktivitas perusahaan nggak akan jalan saat ini,” ujarnya dalam jumpa pers di Polsek Serpong, Tangerang.

Dalam kasus ini, para direktur utama di setiap perusahaan ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini mereka pun telah melalui proses pemeriksaan oleh kejaksaan. Pelaku selanjutnya bakal dijerat Pasal 72 ayat 3 UU Hak Cipta dengan ancaman kurungan 5 tahun dan atau denda Rp 500 juta.

Menurut Kapolsek Serpong, Ajun Komisaris Polisi Dewa Wijaya, pemeriksaan para tersangka berlangsung sejak November 2007 hingga Januari 2008. Untuk penyisiran dilakukan secara acak kepada 20 perusahaan yang besar-besar dan bersifat komersil di kawasan Serpong.

Sementara untuk perumahan, BUMN, rumah sakit dan institusi pendidikan, sepertinya masih bisa bernafas lega. Pasalnya, menurut Dewa, sektor tersebut belum termasuk target operasi.

Kesebelas perusahaan ini, sebenarnya telah dikirimkan surat himbauan dari Polsek Serpong sejak dua bulan sebelum operasi. Namun, kata Dewa, himbauan itu tidak diindahkan dan para dirut itu pun ada yang beralibi.

1. PT Jakarta Indomega
2. PT Artamik
3. PT Verena Alto Finance (kredit motor)
4. PT Panca Usaha Tama Paramita
5. PT Matrix Awan Media
6. PT One Stop Diple Printing
7. PT BID (inisial)
8. PT Standar Constitura
9. PT HRG (inisial)
10. PT BIM (inisal)
11. PT Karya Beton ( ash / wsh )

One thought on “Software Bajakan

  1. Kalau menurut saya tentang sofware bajakan, ya…..tu biasa terjadi dikalangan masyarakat atau diseluruh indonesia.

    Untuk membeli sofware yang asli (bukan bajakan) mungkin orang-orang tidak mau membelinya karena harganya terlalu mahal, makanya mereka memilih membeli sofware bajakan dari pada sofware yang asli, tapi lain halnya dengan orang kaya mereka bisa saja membelinya dengan mudah, ya..tergantung “Money”. Kalau kita mampu membeli ya..dibeli kalau gak mampu ya..beli yang bajakan aja. karena orang indonesia kan keahliannya sukanya membajak apa saja yang ada di Indonesia.

    Kalau soal tangkap ditangkap oleh pihak yang berwajib ya.. itu resiko bagi yang membajak sofware, kata orang yang membajak “Itu urusan belakang yang penting cari Uang dulu”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s